Home / Hukum / PWI Advokasi Wartawan Korban Intimidasi Anggota DPRD Sumut

PWI Advokasi Wartawan Korban Intimidasi Anggota DPRD Sumut

image_pdfimage_print

Menurt Ilustrasi

Medan, 21/12 (LintasMedan) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara menyesalkan kasus dugaan intimidasi terhadap wartawan Harian Mimbar Umum yang melibatkan oknum Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut berinisial IA terkait pemberitaan seputar dugaan pengoplosan gas bersubsidi.

“PWI Sumut akan memberi advokasi dan mendampingi Jamaluddin untuk membuat laporan ke Badan Kehormatan DPRD Sumut,” kata Ketua PWI Sumut terpilih, H Hermansjah, Senin.

Ia menilai,  tindakan intimidasi terhadap jurnalis yang diduga dilakukan oknum wakil rakyat tersebut sangat tidak pantas dan bertentangan nilai-nilai keteladanan.

Apalagi, menurut dia, anggota DPRD Sumut merupakan produk intelektual yang seharusnya mampu menjauhkan diri dari tindakan premanisme, seperti mengintimidasi wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistik.

“Seorang wartawan saat membuat liputan itukan dilindungi oleh Undang-Undang nomor 40. Anggota DPRD Sumut sebagai perwakilan rakyat harus faham itu,” tegasnya.

Apabila IA merasa dirugikan dengan pemberitaan yang dibuat oleh media, kata Hemansjah yang bersangkutan seharusnya bisa membuat bantahan.

“Bagaimana landasan berfikirnya hingga sampai melakukan tindakan intimidasi terhadap wartawan,” sesal Hermansjah.

Sementara itu Jamaluddin, yang menjadi korban intimidasi mengatakan segera membuat laporan resmi ke BK DPRD Sumut. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey