Home / Headline / Ribuan Pelari Ramaikan Medan 10-K 2018

Ribuan Pelari Ramaikan Medan 10-K 2018

image_pdfimage_print

Peserta melakukan start kelas 10-K saat berlangsung lomba lari Medan 10-K dan 5-K di Jalan Balai Kota Medan, Minggu (9/12). (Foto: LintasMedan/SD)

Medan,9/12 (LintasMedan) – Sebanyak 2.850 pelari meramaikan Medan 10-K dan 5-K Tahun 2018 yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Minggu (9/12).

Para peserta lomba dilepas oleh Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dari kawasan Lapangan Merdeka Medan dalam dua gelombang, masing-masing kategori umum dan pelajar sejauh 10 kilo meter (10-K) serta 5-K untuk kategori pelajar dengan memperebutkan total hadiah uang sebesar Rp169 juta.

Walikota Medan menyatakan bangga dengan animo masyarakat yang cukup tinggi untuk mengikuti lomba lari tersebut, yang dibuktikan dengan pesertanya mencapai 2.850 orang dari berbagai kalangan mulai pelajar, masyarakat umum, hingga dari TNI/Polri.

“Kegiatan ini selain dimaksudkan untuk mengajak masyarakat gemar berolahraga, juga digelar dalam rangka untuk melahirkan bibit pelari baru yang dapat mengharumkan nama Kota Medan di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Dikatakannya, lomba lari 10-K dan 5-K tersebut merupakan momentum tepat untuk kembali mengingatkan semua pihak untuk membangun budaya olahraga.

Oleh karena itu, Eldin berharap olahraga lari menjadi kian membudaya di kehidupan masyarakat sehingga seluruh masyarakat dapat melakukan olahraga tersebut guna meningkatkan kualitas kesehatan.

Selanjutnya, kata Walikota, pada penyelenggaraan event serupa tahun mendatang diharapkan jumlah peserta lebih banyak lagi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, sehingga Medan yang kini bertekad menjadi kota atlet dapat lebih dikenal.

“Kita ingin Medan kembali mampu melahirkan pelari tangguh seperi Gurnam Sigh yang berhasil merebut tiga medali emas di Asian Games Tahun 1962 untuk nomor lari marahon 5.000 dan 10.000 meter,” ujarnya.

Lomba lari Medan 10-K dan 5-K selain diramaikan peserta dari sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Utara, juga diikuti atlet dari Provinsi Aceh, Riau dan Bangka Belitung.

Pada event tersebut, juara I putra 10-K untuk kategori umum diraih Welman Pasaribu dari Kodam I/Bukit Barisan, disusul di posisi kedua Elisar K (Riau) dan Robi (Bangka Belitung).

Untuk 10-K putri, juara I direbut Pretty Sihite dari Kota Sibolga, juara II Agustina Manik (Kabupaten Asahan) dan juara III Rosima Simbolon (Tapanuli Selatan).

Lomba lari 5-K untuk kategori pelajar putra, juara I Laudrup Rafael Sinaga dari SMA Medan Putri, juara II Rivaldo Purba (SMP Methodist 8 Medan) dan M Fahrurrozi (SMA 15 Medan).

Untuk lomba lari 5-K putri, juara I Halimatus Syakdiah dari SMA Mulia Medan, juara II Rahel Sitorus (SMPN3 Medan) dan Linda Ika Putri (SMAN 2 Medan).

Para pemenang memperoleh piala dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Walikota Medan, Dandim 0201/BS Kolonel Inf.Yuda Rismansyah dan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penarikan kupon lucky draw dengan hadiah utama enam unit sepeda gunung. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey