Home / Medan / Ribuan Warga Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka Medan

Ribuan Warga Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka Medan

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin bersama ribuan warga melaksanakan shalat Idul Idha 1440 Hijriyah di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (11/8). (Foto: LintasMedna/ist)

Medan, 11/8 (LintasMedan) – Ribuan warga bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan dan Provinsi Sumut melaksanakan shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Merdeka Medan, Mingu (11/8).

Sejak pagi, mereka berduyun-duyun memasuki kawasan Lapangan Merdeka Medan dengan iringan gema takbir.

Tampak hadir Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin,Wakil Walikota Akhyar Nasution, dan Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman.

Shalat Idul Adha yang digelar Pemko Medan ini mulai dilaksanakan pukul 07.30 WIB dipimpin imam ustadz Fikri Munawar yang merupakan qori tingkat nasional.

Sedangkan sebagai khatib adlah ustadz Dr.H.M Syukri Albani Nasution, MA yang sehari-harinya menjabat sebagai sekretaris MUI Kota Medan dan Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Syukri Albani dalam khutbah menceritakan keteladanan Nabi Ibrahim yang menjadi awal pelaksanaan ibadah kurban.

Ia menyebut tiga poin penting terkait dengan keteladanan Nabi Ibrahim itu, yakni tentang ketaatan kepada Allah, kesabaran Nabi Ibrahim menghadapi ujian dari Allah SWT, dan pengorbanan Nabi Ibrahim.

Khatib Syukri Albani lebih lanjut juga mengimbau para jemaah untuk tidak ragu mengeluarkan sebagian rezeki untuk berkurban karena dengan berkurban umat Islam diajarkan untuk berbagi

“Anjuran berkurban ini sebagai wujud kepatuhan dan keikhlasan serta mengandung nilai-nilai kesetiakawanan-sosial,” katanya.

Usai melaksanakan salat Idul Adha, Walikota Medan mengatakan berkurban mengandung nilai-nilai keikhlasan, ketakwaan dan kebersamaan.

Oleh karena itu di moment hari raya Iduladha ini Wali Kota Medan mengajak masyarakat untuk saling membantu satu dengan yang lainya sebagai bentuk motivasi dalam mewujudkan kebersamaan.

“Mari kita jadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain. Karena itu mari kita berkurban, sebab melalui kurban kita dapat mewujudkan kebersamaan diantara kita,” kata Eldin. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey