Home / Politik / Sejumlah TPS di Medan Potensi Pilkada Ulang

Sejumlah TPS di Medan Potensi Pilkada Ulang

image_pdfimage_print

Medan, 18/4 (LintasMedan) – Komisioner KPU Sumut Divisi Teknis Benget Silitonga menyampaikan, ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Medan yang akan dilakukan pemungutan ulang akibat sejumlah kendala tekhnis.

Permasalahan terjadi di dua kelurahan di Kota Medan, yakni Sei Agus Kecamatan Medan Barat tepatnya di TPS 035 dan Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia, TPS 13. Pada dua lokasi tersebut ditunda pemungutan suara, disebabkan tidak adanya kertas surat suara DPRD Kota Medan di dalam kotak suara.

Sedikitnya 4 TPS di kelurahan lain juga nyaris tertunda pemungutan suara akibat kekurangan surat suara dan surat suara tertukar antar daerah pemilihan (dapil).

Ke 4 TPS itu terletak di Kelurahan Terjun dan Renggas Pulau Kecamatan Medan Marelan tepatnya TPS 68 dan TPS 12, lalu di Kelurahan Gedung Johor dan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor yaitu di TPS 045 dan TPS 33.

“Sedangkan untuk 2 TPS pada dua kelurahan di Kota Medan, rapat sudah dilakukan dan proses pemungutan akan segera dimulai. Namun ketika di cek, ternyata kertas surat suara Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Medan tidak ada di dalam kotak suara,” kata Benget.

Dikatakan Benget, KPU Sumut juga mendapatkan informasi atau laporan dari Pengawas Pemilu di TPS, ada beberapa permasalahan di TPS yang ada di Kota Medan.

Laporan itu bersifat negatif dan berdampak pada pemungutan suara ulang.
Diantaranya pemilih beralamat dari daerah lain namun menggunakan hak pilihnya tanpa membawa A5 (Daftar Pemilih Tambahan/DPTb) dan ada yang menggunakan hak pilihnya tanpa adanya identitas diri dan tidak terdaftar di DPT.

Kemudian, permasalahan terjadi di beberapa TPS di Kota Medan yaitu keterbatasan surat suara untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) diatas pukul 12:00 WIB.

“Khusus di Kota Medan ada beberapa titik pemilih DPK tidak terlayani, karena tingkat kehadiran pemilih tinggi sementara terjadi keterbatasan surat suara, tidak mungkin mengadakan surat suara untuk DPK secara cepat,” paparnya.

Sampai saat ini, kata dia, KPU Sumut melakukan rekapitulasi jumlah suara, misalnya suara yang sah, tidak sah dan tidak digunakan atau bahkan suara yang rusak. Rekapitulasi suara sampai saat ini masih berada di kecamatan.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey