Home / Bisnis / Sumut Terus Gencarkan Promosi Investasi

Sumut Terus Gencarkan Promosi Investasi

image_pdfimage_print

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyampaikan kata sambutan pada acara pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi tingkat Provinsi Sumut Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (25/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 25/7 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan terus mengencarkan promosi investasi dengan memperkuat informasi tentang potensi daerah.

“Memperkuat informasi tentang potensi daerah menjadi satu kunci untuk meningkatkan realisasi penanaman modal,” kata Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah pada acara pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi tingkat Provinsi Sumut 2019 di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (25/7).

Menurut dia, untuk meningkatkan kinerja pertumbuhan investasi di Sumut mutlak diperlukan berbagai kegiatan, salah satunya adalah penyelenggaraan Pekan Inovasi dan Investasi.

Disebutkannya, penyelenggaraan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut yang telah memasuki tahun ketujuh cukup efektif memberikan dampak positif bagi peningkatan investasi.

Ia menjelaskan, Sumut merupakan salah satu daerah potensial bagi pelaku dunia usaha untuk mengembangkan investasi karena didukung beragam jenis sumber daya alam.

“Sumut cukup menjanjikan bagi kegiatan penanam modal, termasuk bagi investor asing,” ujarnya.

Namun, Musa Rajekshah mengakui bahwa untuk menarik minat investor untuk menanamkan modal ke suatu daerah bukan hal mudah.

Karena itu, ia mengajak seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Sumut agar terus berupaya memaksimalkan informasi seputar peluang investasi di wilayahnya masing-masing.

Pemprov Sumut dalam upaya menjaring investor ke daerah itu, kata dia, membutuhkan dukungan masyarakat, pelaku usaha serta pihak terkait lainnya.

“Kita harapkan seluruh kabupaten dan kota di Sumut secara berkala juga memberikan informasi dan data akurat mengenai peluang investasi baru di daerahnya,” tuturnya.

Data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumut menyebutkan, total nilai investasi di Sumut tahun 2019 mencapai Rp24,82 triliun, atau melebihi target dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI untuk provinsi ini sebesar Rp23,64 triliun.

Pertumbuhan investasi di Sumut tahun 2019 ditargetkan sebesar Rp33,91 triliun dan spada triwulan I terealisasi Rp5,5 triliun.

Kepala Dinas PMPTSP Sumut, Arief Trinugroho, mengakui penyelenggaraan Pekan Inovasi dan Investasi tingkat Provinsi Sumut 2019 sangat membantu Pemprov setempat dalam upaya mewujudkan visi Sumut menjadi provinsi Maju, Aman dan Bermartabat.

Pekan Inovasi dan Investasi tingkat Provinsi Sumut 2019 diikuti 113 stand dari perusahaan, pemkab/pemko dan BUMD/BUMN.

“Selama pelaksanaan Pekan Inovasi dan Investasi, juga digelar forum investasi yang akan membahas soal peluang investasi Sumatera Utara,” paparnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey