Home / Headline / Tarian Multi Etnis Semarakkan Upacara HUT RI di Medan

Tarian Multi Etnis Semarakkan Upacara HUT RI di Medan

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama istri serta Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin,  berbaur bersama para penari yang memperagakan tarian multi etnis usai upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (17/8). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 17/8 (LintasMedan) – Tarian multi etnis yang diikuti oleh puluhan pelajar dan mahasiswa turut ditampilkan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu.

Peragaan tarian multi etnis tersebut digelar usai pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI yang dipimpin oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Tarian kolosal multi etnis yang dibawakan para pelajar dan mahasiswa tersebut merupakan perpaduan tarian dari beberapa etnis di Sumut, seperti tari Melayu, Tapanuli Selatan, Dairi, Nias dan Batak Toba.

Pada saat para penari memperagakan tarian tersebut di depan panggung utama upacara, Gubernur Edy Rahmayadi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut lainnya dan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin turun ke tengah lapangan untuk ikut menari bersama para penari.

Rangkaian upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang dipimpin oleh Gubernur Sumut turut disaksikan ribuan warga dengan penuh antusias meski di bawah terik matahari.

Upacara tersebut diisi dengan peringatan detik-detik Proklamasi yang dibacakan Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman.

Setelah itu ditandai dengan membunyikan sirene tanda Kemerdekaan RI telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, tepat 74 tahun yang lalu.

“Majulah, jangan pernah berhenti dan tidak pernah menyerah untuk membuat Sumatera Utara kita menjadi provinsi yang bermartabat,” kata Gubernur didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, usai mengikuti serangkaian acara pada upacara pengibaran bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka Medan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey