Home / Headline / Tengku Ryan-Ariska Jalani Prosesi Pernikahan di Istana Maimun

Tengku Ryan-Ariska Jalani Prosesi Pernikahan di Istana Maimun

image_pdfimage_print


Tengku M. Ryan Novandi (ketiga kiri) dengan Ariska Putri Pertiwi (ketiga kanan) berfoto bersama kedua orang tua mereka usai mengikuti prosesi pernikahan secara adat Melayu di Istana Maimun Medan, Jumat (1/2). Tengku M. Ryan Novandi adalah putra sulung mantan gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kanan). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/2 (LintasMedan) – Pernikahan putra sulung mantan gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Tengku M. Ryan Novandi dengan Ariska Putri Pertiwi diisi dengan acara prosesi adat Melayu di Istana Maimun Medan, Jumat (1/2).

Sebelumnya, pada hari yang sama atau pagi hari, pasangan pengantin ini melangsungkan akad nikah di Masjid Raya Al Mashun Medan.

Pada prosesi adat di Istana Maimun, sang pengantin mengenakan pakaian kebesaran Melayu berwarna kuning keemasan yang dipadukan dengan warna kuning muda.

Sementara kedua orangtua mempelai juga mengenakan setelan pakaian Melayu berwarna kuning.

Ika sapaan akrab Ariska Putri Pertiwi terlebih dahulu tiba di Istana Maimun. Kemudian sehabis shalat Jumat, rombongan Ryan, panggilan Tengku M. Ryan Novandi tiba.

Ryan naik diatas tandu yang dipikul empat orang dari halaman Istana Maimun menuju tangga pintu masuk istana Kesultanan Deli tersebut.

Sebelum menuju pelaminan, pengantin wanita telah menunggu, Ryan dan keluarga dihadang bentangan kain panjang atau di dalam istilah adat pernikahan Melayu disebut palang pintu yang dijaga dua orang pemuda.

Pada momentum itu, utusan pengantin pria dan pengantin wanita saling berbalas pantun sebelum membuka palang pintu tersebut.

Selanjutnya, pengantin pria di antar menuju pelaminan. Namun sesampai disana dia tidak langsung diperbolehkan duduk di pelaminan yang sedang dijaga oleh dua orang wanita yang juga merentangkan kain panjang.

Pada acara yang disebut hempang kipas ini para penjaga ini ingin kembali memastikan syarat adat yang harus diberikan.

Setelah syarat adat dipastikan telah terpenuhi, kedua mempelai baru diperbolehkan bersanding di pelaminan.

Proses pernikahan adat Melayu itu diisi dengan acara doa bersama yang dilanjutkan dengan acara tepung tawar sebagai tradisi turun menurun yang telah lama dilakukan masyarakat Melayu guna mensucikan diri.

Acara ditutup dengan makan hadap-hadapan lengkap dengan lauk-pauknya dan aneka kue. Acara ini hanya diperbolehkan dihadiri oleh kaum ibu dari kedua belah pihak.

Prosesi pernikahan adat Melayu tersebut turut dihadiri sejumlah tokoh Sumut, luar Sumut serta sahabat Ryan dan Ariska dari mancanegara.

Seperti diketahui, Ryan pernah menyelesaikan studinya di Amerika Serikat dan Ariska Putri Pertiwi merupakan Miss Grand International 2016 yang bergelar sarjana kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan.

Resepsi pernikahan Tengku M. Ryan Novandi dengan Ariska Putri Pertiwi dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (2/2) malam. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey