Home / Medan / Wakil Wali Kota Medan Tinjau Sejumlah Drainase Tersumbat

Wakil Wali Kota Medan Tinjau Sejumlah Drainase Tersumbat

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) meninjau sistem drainase yang tidak berfungsi maksimal di depan kantor Polsek Percut Sei Tuan Jalan Letda Sujono Medan, Senin (18/2). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 18/2 (LintasMedan) – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution beserta staf, Senin (18/2) meninjau sejumlah titik drainase (saluran) tersumbat akibat mengalami sendimentasi dan dipenuhi sampah yang kerap menimbulkan genangan apabila hujan turun.

Titik lokasi drainase yang ditinjau Wakil Wali Kota, antara lain Jalan Letda Sujono tepatnya depan Kantor Polsek Percut Sei Tuan dan seputaran pintu tol Bandar Selamat di Kecamatan Medan Tembung.

Di depan kantor Polsek Percut Sei Tuan, Wakil Wali Kota melihat kondisi drainase tersumbat akibat mengalami sendimentasi dan dipenuhi sampah.

“Melalui peninjauan ini, kita segera mencari akar masalahnya dan kemudian mengatasinya sehingga warga pengguna jalan raya merasa tenang dan nyaman,” kata Akhyar didampingi Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan Isya Ansari.

Menurut dia, upaya jangka pendek yang akan dilaksanakan adalah melakukan pengerukan dan pembersihan drainase oleh Dinas PU.

Selain itu, ia juga menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar segera mengangkut sampah yang berserakan di pinggir jalan.

Ia berharap setelah dilakukan pengerukan dan pembersihan, seluruh pihak terutama masyarakat agar dapat menjaga kebersihan drainase.

Dengan demikian, lanjutnya, drainase mampu menampung debit air dalam jumlah besar sehingga tidak menyebabkan terjadinya genangan.

Titik lokasi drainase lain yang ditinjau Wakil Wali Kota, yakni Jalan Mandala By Pass, Jalan Sisingamangaraja, persisnya di sekitar pintu tol Amplas, Jalan Platina I simpang Harahap, Jalan Mangaan 8, Jalan Rumah Potong Hewan (RPH), Jalan Mabar di Kecamatan Medan Deli dan Jalan Krakatau simpang Jalan Cemara di Kecamatan Medan Timur.

Seluruh lokasi yang ditinjau, kondisi drainasenya mengalami penyumbatan dan pendangkalan sehingga harus segera dilakukan normalisasi guna mengatasi genangan air yang terjadi selama ini.

Selama ini, genangan air yang terjadi membuat warga sekitar maupun masyarakat pengguna jalan merasa terganggu karena genangan air menggenangi badan jalan setiap kali hujan deras.

“Itu sebabnya kita harus segera mengatasi masalah genangan air yang sudah lama dikeluhkan warga,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota juga meminta dukungan penuh dari warga sekitar untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka dengan cara tidak mebuang sampah sembarangan.

“Mari kita jadikan hidup bersih sebagai budaya dalam kehidulpan sehari-hari,” kata Akhyar. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey