Home / Medan / Wakil Walikota: Pertahankan Berbahasa Gaya Medan

Wakil Walikota: Pertahankan Berbahasa Gaya Medan

image_pdfimage_print

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution menerima audiensi Duta Putra Kebudayaan Sumut 2018 Arbi Yahya di Balai Kota Medan, Kamis (13/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 13/9 (LintasMedan) – Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution minta generasi muda di daerah itu agar memperkuat identitas dan dialek khas Medan, termasuk berbahasa gaya Medan.

“Kehilangan gaya berbahasa Medan, lambat-laun akan menghilangkan identitas kita,” katanya saat menerima audiensi Putra Kebudayaan Sumut, Arbi Yahya di Balai Kota Medan, Kamis (13/9).

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan kepada generasi muda bahwa bahasa adalah jati diri dan identitas yang harus senantiasa dilestarikan agar tidak tergerus dengan istilah luar Medan.

Salah satu cara menjaga dan memperkuat identitas adalah tidak latah mengikuti gaya berbahasa yang bukan mencerminkan khas masyarakat Medan, seperti kalimat dalam iklan maupun dialek daerah lain.

Pada kesempatan itu, Akhyar mengingatkan Putra Kebudayaan Sumut Arbi Yahya saat mengikuti berbagai kegiatan di luar Sumut harus percaya diri menggunakan gaya berbahasa anak Medan.

“Gaya dan cara berbahasa kita di Medan adalah kekayaan budaya yang harus kita jaga demi memperkuat identitas kita,” sebut Wakil Walikota yang didampingi Kadis Kebudayaan Kota Medan, Suherman.

Sebagaimana diinformasikan, Arbi Yahya akan mewakili Sumut dalam pemilihan putra-putri Kebudayaan Indonesia pada 15 Oktober di Bandung, Jawa Barat. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey