Home / Headline / Wali Kota: Tol Dalam Kota Medan Solusi Kurangi Macet

Wali Kota: Tol Dalam Kota Medan Solusi Kurangi Macet

image_pdfimage_print

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB TNI Mayjen M Sabrar Fadhilah, Wagub Sumut Musa Rajekshah, Wali Kota Medan H.T Dzulmi Eldin, Sekdaprov Sumut Sabrina, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, dan Dirut PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Tito Sulistio pada acara penandatanganan naskah kesepahaman bersama (MoU) Pembangunan Tol Dalam Kota Medan, di aul Martabe kantor gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Jumat (1/3). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/3 (LintasMedan) – Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin menilai rencana Pemerintah pusat membangun tol dalam kota di Medan akan memberikan solusi dalam mengatasi kemacetan.

“Tentu kita sangat apresiasi karena akan membantu mengurangi kemacetan yang terjadi di Kota Medan,” katanya seusai melakukan penandatanganan naskah kesepahaman bersama atau memorandum of understanding (MoU) pembangunan jalan tol dalam Kota Medan, di kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Jumat (1/3).

MoU pembangunan jalan tol dalam Kota Medan sepanjang 12,44 km dari Titi Kuning hingga Pulo Brayan tersebut ditandatangani Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Pemko Medan, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, PT Citra Marga Nusaphala Persada dan PT Ardhi Karya.

Sisi lain yang diharapkan dari pembangunan jalan tol dalam Kota Medan tersebut, yaitu menjadikan Kota Medan lebih baik lagi dalam bidang infrastruktur serta dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sumut khususnya Kota Medan.

Eldin menambahkan, Pemko Medan siap membantu dalam pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol tersebut sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan pada saat pembangunan ini.

“Pemko Medan siap membantu pembebasan lahan serta jika ada kendala dalam pembangunan teraebut sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjelaskan ruas tol tersebut dibangun disamping daerah aliran Sungai Deli.

“Pembangunan jalan tol ini direncanakan akan dimulai pada bulan Juni 2019 mendatang dan selesai 2021,” paparnya.

Gubernur berharap proses pembangunan ruas tol pertama di Kota Medan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan dan selesai tepat waktu.

Dikatakanya, keberadaan ruas tol dalam kota tersebut akan ikut berkontribusi meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Medan.

“Kita ingin mewujudkan kunjungan 500 ribu wisatawan ke provinsi Sumatera Utara,” ucapnya.

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan, antara lain Pangdam I/BB Mayjen M Sabrar Fadhilah, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Sekdaprov Sumut Sabrina, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Sekda Medan Wiriya Alrahman dan Dirut PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Tito Sulistio.(LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey