Walikota: Lapangan Merdeka Medan Harus Bersih

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) bersama Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli (kanan), memantau kondisi Lapangan Merdeka usai mengikuti car free day atau hari tanpa kendaraan di sekitar lapangan tersebut, Minggu (21/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 21/5 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin menyatakan Lapangan Merdeka sebagai alun-alun kota dan titik nol Kota Medan harus bersih dan bebas dari segala jenis sampah.

“Medan adalah rumah kita. Untuk itu, mari kita jaga bersama sehingga kota yang kita cintai ini bersih dari sampah, termasuk kawasan Lapangan Merdeka,” katanya disela memantau kondisi lapangan bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda itu sekaligus bersilaturahmi dengan para warga yang mengikuti hari bebas berkendaraan atau “Car Free Day” (CFD), di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Minggu.

Kegiatan pemantauan tersebut semata-mata guna memberikan peringatan serta teguran kepada masyarakat yang terlihat membuang sampah di sembarang tempat untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

Pada kesempatan itu, Eldin didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Medan Iswanda Ramli, mengajak segenap elemen masyarakat agar senantisa ikut berupaya sebaik mungkin membantu program pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan, termasuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersihan kota ini bukan tanggung jawab pemerintah semata, melainkan seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, sya berahap semua harus peduli dengan masalah kebersihan,” ucapnya.

Saat melakukan pemantauan, Walikota Medan sempat mendapati sampah pembungkus makanan dan minuman warga yang selesai berolahraga berserakan di area Lapangan Merdeka.

Dia minta petugas dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait segera membersihkan sampah yang berserakan tersebut.

“Warga hendaknya tidak membuang sampah sembarangan, karena di sejumlah titik di kawasan Lapangan Merdeka ini tersedia tong sampah,” ujar Eldin. (LMC-01)