Home / Medan / Walikota Lepas Peserta Gowes Pesona Nusantara

Walikota Lepas Peserta Gowes Pesona Nusantara

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) melambaikan tangan kearah para peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 di Jalan Pulau Pinang Medan, Sabtu (20/5). (Foto: LintasMedan/ist),

Medan, 20/5 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin melepas para pesepeda peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 di Jalan Pulau Pinang Medan, Sabtu.

Sebagaimana diketahui, Gowes Pesona Nusantara 2017 merupakan salah satu program unggulan Kemenpora dalam Gerakan #AyoOlahraga, secara bersamaan juga digelar di Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Merauke (Papua) dan Atambua (NTT).

Walikota Medan berharap, penyelenggaraan program Ayo Olah Raga melalui Gowes Pesona Nusantara merupakan gerakan untuk membudayakan olahraga, termasuk di Medan.

“Kehadiran peserta Gowes Pesona Nusantara di Medan ini akan menjadi sebuah spirit baru dalam membudayakan olahraga di kota yang kita cintai ini,” ucap dia.

Sebelum melakukan pelepasan, Walikota Medan terlebih dahulu menyerahkan replika rumah tradisionil Melayu yang berisikan tanah dan air yang diambil dari Istana Maimun Medan kepada Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan Mara Husin Lubis.

Selanjutnya, Mara Husin menyerahkan replika rumah adat Melayu itu kepada Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian.

Ribuan warga Kota Medan turut bersepeda mengiringi peserta Gowes Pesona Nusantara mengelilingi sejumlah ruas jalan di ibukota provinsi Sumatera Utara itu.

Usai menjelajahi Kota Medan, peserta Gowes Pesona Nusantara melanjutkan perjalanan menempuh sejumlah etape yang meliputi 90 kabupaten/kota di Indonesia.

Sebelum tiba di Medan, sebanyak 15 peserta Gowes Pesona Nusantara tersebut telah dilepas oleh Menpora Imam Nahrawi di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

15 pesepeda utama peserta Gowes Pesona Nusantara itu akan menyusuri rute sepanjang 5000 km, menyusuri kota-kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Secara keseluruhan Gowes Pesona Nusantara akan bergulir di 90 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Seluruh kegiatan gowes ini akan berakhir di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah saat peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), 9 September 2017 mendatang.

“Rute Gowes yang terdiri dari 90 etape dibuat melewati destinasi-destinasi wisata, seni dan budaya unggulan di setiap kota serta menjadi pesona yang hanya bisa dinikmati jika menyusuri tempat-tempat wisata itu dengan bergowes. (LMC-01)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey