Home / Headline / Walikota Medan Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

Walikota Medan Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) menyerahkan bibit pohon kepada para pelajar pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup 2018 tingkat Kota Medan di halaman SD Swasta Model Al Azhar Medan, Sabtu (20/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 20/10 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin mengajak segenap elemen masyarakat untuk ikut mendukung program pemerintah kota (Pemko) setempat melestarikan lingkungan.

“Dukungan itu bisa diwujudkan dalam bentuk melakukan penanaman pohon, tidak membuang sampah sembarangan serta senantiasa menjaga kebersihan air,” katanya saat menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia tingkat Kota Medan Tahun 2018 yang dipusatkan di halaman SD Swasta Model Al Azhar Medan, Sabtu (20/10).

Menurut Eldin, kepedulian dan peran serta masyarakat untuk mendukung pelestarian lingkungan di Kota Medan sangat penting.

Sikap peduli terhadap upaya pelestarian lingkungan tersebut bukan hanya dimaksudkan untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat, melainkan juga mencegah kemungkinan terjadi bencana seperti tanah longsor maupun banjir.

Karena itu, ia mengingatkan masyarakat agar terlibat dan mendukung pelestarian lingkungan di sekitar wilayah tempat tinggal masing-masing, misalnya menanam pohon di halaman rumah.

Pohon yang ditanam itu nantinya jika tumbuh dan berkembang dapat mengikat atau menyerap air serta menghasilkan oksigen yang bersih.

“Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup 2018, mari kita bersama-sama kita lestarikan lingkungan di Kota Medan,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup akan terus melakukan program pelestarian lingkungan dalam rangka mewujudkan ‘Medan Go Green’.

“Upaya ini akan sia-sia tanpa dukungan penuh sleuruh masyarakat. Jadi mulai hari ini, mari kita bersama-sama melestarikan lingkungan,” kata Walikota.

Diakuinya, warga yang peduli dengan pelestarian lingkungan di Medan terus bertambah.

Namun, Eldin menilai jumlahnya belum sebanding dengan volume sampah yang dihasilkan di Kota Medan.

Karena itu, pihaknya berharap kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan masih perlu ditingkatkan, termasuk kesadaran tidak membuang sampah sembarangan.

Usai memberikan sambutan, Walikota selanjutnya menyematkan pin kepada menyematkan pin Duta Lingkungan Hidup sekaligus menyerahkan bibit pohon kepada sejumlah siswa sekolah-sekolah Adiwiyata.

Kehadiran duta lingkungan hidup ini sebagai upaya untuk mengajarkan sejak dini agar anak-anak cinta dan peduli dengan lingkungan.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia tingkat Kota Medan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan turut diisi dengan kegiatan pengutipan sampah di sepanjang Jalan Pintu Air IV Medan, lomba melukis tingkat SD/MI, lomba fashion show dari bahan daur ulang, baca puisi pidato serta pameran lingkungan hidup.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Isya Ansyari, menyebutkan peringatan Hari Lingkungan Hidup 2018 mengusung tema ‘Kendalikan Sampah Plastik”. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey