Home / Medan / Walikota Medan Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan 2018

Walikota Medan Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan 2018

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin melakukan pemukulan gong sebagai tanda dicanangkannnya Hari Kesatuan Gerak PKK-Kelurga Berencana (KB) Kesehatan Tahun 2018, di Medan Rabu (12/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 12/12 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin mencanangkan Kesatuan Gerak PKK-Kelurga Berencana (KB) Kesehatan di daerah itu, Rabu (12/12), dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Melalui momentum pencanangan ini, kita berharap berdampak positif terhadap penurunan tingkat kelahiran dan angka kematian bayi serta ibu melahirkan,” kata Eldin.

Disebutkannya, pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan bertujuan meningkatkan komitmen cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, KB dan kesehatan sebagai upaya mendukung Millenium Development Goals (MDGs) dan kerja sama lintas sektor.

Kesatuan Gerak PKK, KB-Kesehatan merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan oleh Tim Penggerak PKK dan Pemko Medan sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan maupun tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK.

Melalui kegiatan yang digelar Tim Penggerak PKK Kota Medan bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah terkait tersebut, Eldin minta mutu pelayanan dan proses operasional pelayanan KB dapat terus ditingkatkan.

“Melalui kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini kita juga masih memerlukan upaya kongkret dalam memberikan kontribusi yang nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan yang telah dilakukan melalui Kelompok Dasawisma, Posyandu, Puskesmas, terutama yang diprioritaskan kepada keluarga prasejahtera,” kata Walikota.

Selain itu, Walikota mengingatkan tentang pentingnya peran serta pria dalam program KB serta keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat sekaligus meringankan beban keluarga dalam mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan.

“Saya berharap Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dapat menjadi acuan dalam menindaklanjuti berbagai kegiatan PKK, KB dan Kesehatan,” ucapnya.

Dengan demikian, kata Eldin, Kota Medan tidak mengalami ketertinggalan dengan kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Sebelumnya Wakil IV Ketua TP PKK Kota Medan, Nurasisyah Musadad yang juga selaku ketua panitia acara menjelaskan, salah satu tujuan dari Kesatuan Gerak PKK-Kelurga Berencana (KB) Kesehatan adalah meningkatkan jumlah dan peran kelompok dasawisma, kualitas dan kuantitas posyandu.

Selanjutnya, meningaktkan jumlah peserta KB baru dan peserta KB aktif, gerakan masyarakat hidup sehat serta meningkatkan peran serta masyarakat dan lintas sektor dalam mewujudkan lingkungan bersih.

“Ada dua sasaran yang ingin kita capai melalui kegiatan ini, yakni sasaran langsung dan tidak langsung,” paparnya.

Sasaran langsung, yakni Tim Pelaksana Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di setiap tingkatan wilayah, khususnya kecamatan dan kelurahan.

Sedangkan sasaran tidak langsung adalah keluarga atau rumah tangga, pasangan usia subur, para pengelola, petugas KB, petugas kesehatan serta kader di setiap kelurahan.

Sebelum Kesatuan Gerak PKK-Kelurga Berencana (KB) Kesehatan dicanangkan, pihak panitia penyelenggara telah pula menggelar sejumlah perlombaan, antara lain lomba pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, serta pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga.

Lomba lainnya, yaitu lingkungan bersih sehat, serta pelaksana terbaik posyandu yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey