Home / Medan / Walikota Medan Hadiri Pertemuan Internasional di Taiwan

Walikota Medan Hadiri Pertemuan Internasional di Taiwan

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) dan Walikota Kaohsiung Chu Chen (kanan) melakukan saling tukar cendera mata di sela pertemuan Forum Global Harbor Cities 2018 di Kaohsiung, Taiwan, Rabu (26/9). (Foto: LintasMedan/Humas)

Taiwan, 26/9 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin berkunjung ke Kota Khaosiung, Taiwan untuk menghadiri pertemuan internasional antarkota pelabuhan atau Forum Global Harbor Cities, 25-27 September 2018.

Siaran pers Humas Pemko Medan, Rabu (26/9), menyebutkan kehadiran Walikota Medan di forum rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan serupa yang digelar tahun 2016.

Menurut Walikota, dalam pertemuan itu dibahas beberapa topik yang dianggap cukup penting, di antaranya bagaimana kota-kota pelabuhan dalam menghadapai landscape global yang selalu berubah.

Pertemuan yang dihadiri delegasi dari 25 kota pelabuhan terbesar tersebut juga membahas tantangan serta upaya membangun kerjasama antaranggota forum untuk berkembang bersama serta upaya mengendalikan pembangunan industri baru, keberlanjutan dan ekonomi samudra.

Selain itu, seluruh delegasi menyatakan sepakat untuk menjadikan Forum Global Harbor Cities sebagai sarana bertukar informasi tentang peluang dan tantangan yang muncul dengan adanya perkembangan teknologi dan restrukturisasi perekonomian dunia.

Disebutkan, Kota Kaohsiung disepakati menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum rapat itu karena dianggap berhasil dalam merevitalisasi kawasan industri lama yang identik sebagai kawasan bersejarah menjadi kawasan industri baru.

Eldin menambahkan, manfaat pelabuhan bagi sebuah kota tidak hanya sebatas tentang aliran barang tetapi tentang bagaimana sebuah pelabuhan dapat menciptakan keunikan tertentu bagi sebuah kota.
“Kota pelabuhan adalah sebagai pintu gerbang sebuah negara yang dapat sarana berkomunikasi langsung dengan pihak asing,” ujarnya.

Karena itu, Walikota menilai agenda yang dibahas dalam forum tersebut relevan dengan rencana Pemko Medan mengembangkan wilayah utara Kota Medan, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota tersebut. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey