Home / Medan / Walikota Medan Pantau Pelayanan Kependudukan Pascalibur Lebaran

Walikota Medan Pantau Pelayanan Kependudukan Pascalibur Lebaran

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin berdialog dengan beberapa aparatur sipil negara di sela melakukan kunjungan pada hari pertama pascalibur Lebaran 2019 di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, Senin (10/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/6 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin usai memimpin apel perdana pascalibur Lebaran 2019 di Balai Kota, Senin (10/6), melakukan peninjauan ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk melihat langsung kinerja pelayanan publik di organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut.

Eldin tiba di kantor tersebut sekitar pukul 09.15 WIB dan selanjutnya melakukan pengecekan mulai dari lantai satu hingga ke lantai dua tempat pendaftaran akta lahir dan ruang persidangan.

Walikota didampingi Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain, melakukan kunjungan ke kantor pelayanan kependudukan itu untuk memastikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap menjalani kewajibannya untuk melayani masyarakat pascalibur hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Selain meninjau ke sejumlah ruang kerja, Walikota juga menyempatkan diri berdialog dengan beberapa ASN dan warga yang hendak mengurus administrasi kependudukan di kantor tersebut.

Salah satu masyarakat yang ditemui adalah Koto. Pria berpakaian biru itu hendak mengurus akta kelahiran anaknya.

“Anak saya lahir di Padang, mau ngurus akta kelahiran di sini,” ujarnya saat berdialog dengan Walikota.

Selanjutnya Eldin bertanya kepada sejumlah masyarakat yang duduk diruang antrean. Di sana, masyarakat mengaku hendak mengurus legalisir dokumen kependudukan.

Pada kesempatan itu, Eldin berpesan agar masyarakat mengurus sendiri akta kelahiran atau dokumen kependudukan.

Sebab, menurut dia, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah baik.

Meski demikian, Walikota mengingatkan Kepala Disdukcapil terus melakukan pengawasan secara berkesinambungan kepada para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Walikota juga meminta Kepala Disdukcapil segera menyurati seluruh rumah sakit agar mengeluarkan surat kelahiran kepada anak yang baru lahir.

“Nanti rumah sakit atau klinik bisa menginformasikan kepada masyarakat agar langsung mengurus akta kelahiran, karena gratis tidak dikenakan biaya apabila berusia di bawah 60 hari,” ujarnya.

Menyikapi amanah yang berikan Walikota Medan, Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain mengatakan pihaknya akan terus melakukan peningkatan kinerja.

“Sebagaimana amanah yang diberikan, kita akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih memudahkan dan mempercepat segala urusan masyarakat kota Medan di Disdukcapil ini,” ujarnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey