Home / Medan / Walikota Medan Pimpin Upacara Hardiknas 2019

Walikota Medan Pimpin Upacara Hardiknas 2019

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri) menyerahkan surat keputusan purnabakti kepada sejumlah insan pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Medan di sela upacara peringaatan Hardiknas 2019, di halaman SMP Negeri Mean, Kamis (2/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 2/5 (LintasMedan) – Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin Duta memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional Hardiknas tahun 2019 di halaman SMP Negeri I Medan Jalan Bunga Asoka, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kamis (2/5).

Upacara turut dihadiri Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, kepala sekolah beserta guru-guru PAUD, TK, SD dan SMP se Kota Medan.

Acara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Undang-Undang 1945 dan turut diisi dengaan penyerahan surat keputusan (SK) Purnabakti Pensiun kepada sejumlah insan pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Medan yang akan mengakhiri masa darma baktinya.

Pada kesempatan tersebut Walikota Medan membacakan sambutan Mendikbud Prof Dr Muhadjir Effendy yang menekankan, antara lain peringatan Hardikna tersebut hendaknya dijadikan momentum untuk menyatukan tekad guna menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan disertai niat yang ikhlas serta usaha keras tanpa kenal lelah.

“Kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan. Untuk itu harus terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, perlu terus menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan serta kebutuhan pembangunan.

Mendikbud menambahkan bahwa guna memajukan dunia pendidikan, Pemerintah saat ini terus membangun infrastruktur pendidikan dan kebudayaan.

Kebijakan tersebut dibarengi dengan penguatan sumber daya manusia (SDM) agar menjadi model yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kecang, komplek, tak terduga dan multiarah.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mencanangkan prioritas pembangunan pada penguatan SDM.

“Disinilah peran dan tanggung jawab pendidikan dan kebudayaan akan semakin besar,” paparnya.

Usai membacakan sambutan tertulis Mendikbud, Walikota Medan juga menyampaikan harapannya agar seluruh insan pendidikan di daerah itu dapat menjiwai semangat Ki Hajar Dewantara dalam memajukan dunia pendidikan.

“Saya juga mengajak seluruh insan pendidikan di Kota Medan untuk bersama mewujudkan amanat Menteri Pendidikan sesuai dengan tema Hardiknas yang diusung tahun ini yakni, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Insya Allah dengan kebersamaan, kita dapat mewujudkannya,” kata Eldin.

Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan setempat, kata dia, akan terus mendorong peningkatkan SDM para pengajar sehingga semakin profesional di bidangnya. Kemudian diikuti dengan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk fasilitas pendukung pendidikan.

“Kita harapkan upaya yang kita lakukan ini mendapat dukungan penuh semua pihak, teruma seluruh stakeholder pendidikan yang ada di Kota Medan. Saya yakin dengan dukungan semua penuh, kita mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Medan yang kita cintai bersama,” tambahnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey