Home / Headline / Warga Medan Antusias Sambut Obor Asian Para Games

Warga Medan Antusias Sambut Obor Asian Para Games

image_pdfimage_print

Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kanan) bersama Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto (kiri) membawa obor Asian Para Games 2018 saat dikirabkan di Medan, Minggu (23/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/9 (LintasMedan) – Kirab obor Asian Para Games 2018 di Medan, Minggu (23/9), disambut antusias warga ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tersebut.

Sejumlah warga terlihat memadati sisi kiri dan kanan jalan-jalan protokol Kota Medan yang dilintasi peserta kirab obor yang dibawa oleh sejumlah pejabat dan atlet secara silih berganti.

Beberapa saat sebelumnya, para peserta pembawa api obor pesta olahraga terbesar di Asia bagi difabel itu dilepas oleh Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin dari halaman Balai Kota Medan.

Acara pelepasan peserta pembawa api obor Para Games 2018 tersebut turut disaksikan Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto serta unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan.

Beberapa pembawa obor, antara lain Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadilah, Kapolda Sumut Irjend Pol Agus Andrianto, Kepala Deputi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Subandi, Duta PBB untuk disabilitas Sikdam Hasim Gayo, anggota DPR RI Sofyan Tan, Kepala BPKP RI Ardan Adiperdana dan Sekjen Inapgoc Bayu Rahardian.

Walikota Medan, Dzulmi Eldin menyatakan turut merasa bangga Kota Medan menjadi salah satu titik persinggahan api obor Asian Para Games 2018.

“Kita juga merasa bangga dengan antusiasme dan semangat warga Kota Medan menyambut dan menyaksikan kirab obor Asian Para Games 2018,” ujarnya.

Walikota berharap semangat tersebut terus terjaga sampai pelaksanaan Asian Para Games yang akan digelar di Jakarta pada 6 hingga 13 Oktober 2018.

Iring-iringan peserta kirab pembawa obor Para Games tersebut diterima di lapangan Benteng Medan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Dr Muhadjir Effendy MAP dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Api Para Games 2018 berasal dari api abadi Mrapen, Kabupaten Gerobokan, Jawa Tengah kemudian dibawa ke Solo.
Dari kota Solo, api obor tersebut diberangkatkan menuju Kota Ternate (Maluku), Makassar (Sulsel), Denpasar (Bali), Pontianak, Kota Medan dan selanjutnya dikirabkan di Kota Pangkal Pinang (Provinsi Bangka Belitung) dan terakhir Jakarta.

Sementara itu, Sekjen Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc) Bayu Rahardian menyampaikan apresiasi terhadap Pemprov Sumut, Pemko Medan, dan seluruh masyarakat Sumut serta pihak terkait yang telah turut menyambut dan meramaikan pawai pawai estafet obor Asian Para Games.

“Asian Para Games ini tidak hanya berbicara tentang olahraga dan prestasi, tetapi obor ini adalah kobaran semangat untuk menggelorakan kepedulian terhadap disabilitas,” tuturnya.

Ia menambahkan, kehormatan besar bagi Indonesia yang dipercaya menjadi tuan tumah Asian Para Games 2018.

“Mari kita dukung dan sukseskan bersama Asian Para Games 2018,” ujarnya. (LMC-02) 

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey