Home / IPTEK / Yamaha Mio M3 125 Mampu Nyala Nonstop 30 Hari

Yamaha Mio M3 125 Mampu Nyala Nonstop 30 Hari

image_pdfimage_print
Manajer Divisi Promotion PT Alfa Scorpii, Joni Lie didampingi Zaenal Arifin, Manajer Edukasi PT Alfa Scorpii, bersama sejumlah staf dan tehnisi bertepuk tangan usai sukses melakukan ujicoba ketahanan Yamaha New Mio M3 125 dengan menyalakan mesin selama 30 hari nonstop.(Foto: LintasMedan/ist)

Manajer Divisi Promotion PT Alfa
Scorpii, Joni Lie didampingi Zaenal Arifin, Manajer Edukasi PT Alfa Scorpii, bersama sejumlah staf dan tehnisi bertepuk tangan usai sukses melakukan ujicoba ketahanan Yamaha New Mio M3 125 dengan menyalakan mesin selama 30 hari nonstop.(Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 8/2 (LintasMedan) – Yamaha New Mio M3 125 terbukti handal setelah dilakukan uji ketahanan 30 hari nonstop dengan mesin menyala.

Pembuktian ketangguhan mesin New Mio M3 125 dimulai 9 Januari pukul 17 00 WIB dan berakhir 8 Februari pukul 17.00 WIB, di halaman kampus Institut Teknologi Medan, Jalan Gedung Arca, Medan.

Motor ditempatkan di dynotest sehingga roda belakang bisa berputar layaknya berkendara seperti biasa.

Motor ditahan dengan tali sehingga terdapat beban yang
analoginya adalah si pengendara.

Pengujian selama 720 jam tersebut memperlihatkan kondisi mesin seolah tidak memerlukan servis besar yang biasanya dilakukan ketika penggunaan mencapai 25 ribu kilometer.

“Pelumas yang dipakai di atas 20 ribu kilometer performanya pasti menurun. Resiko silinder rusak
cukup tinggi, karena pelumas tidak bisa melindungi dengan baik,” kata Zaenal Arifin, Manajer Edukasi PT Alfa Scorpii.

Dari hasil pengujian, kepala piston dan silinder mesin masih dalam keadaan bagus padahal oli tidak diganti. Sisi silinder tidak ada baret, cuma ada kerak hasil pembakaran di bagian atas kepala piston.

Sama halnya dengan silinder, komponen CVT seperti V-Belt, kampas kopling ganda, Primary Fixed Sleeves yang biasanya mengalami keausan saat mencapai kilometer 25 ribu, di Mio M3 kondisinya prima.

“Primary Fixed Sleeves masih rata tidak melengkung. Masih bisa dipakai 20 ribu kilometer lagi. Biasanya di atas 20 ribu kilometer, komponen ini menggelembung karena kena panas putaran belt. V-belt juga tidak getas, masih elastis bahkan terlihat seperti masih baru,” paparnya.

Konsumsi bahan bakarnya terbukti irit lewat uji ketahanan ini yaitu 80 km/liter. Itu didapatkan dari hitungan selama uji ketahanan mesin menghabiskan bahan bakar 360 liter, menempuh jarak 28.800 km dengan kecepatan 40 km/jam.

Artinya sepeda motor generasi ketiga varian Mio
ini sangat irit 80 km/liter.

“Uji ketahanan ini adalah pembuktian keunggulan teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston pada New Mio M3 125. Dan juga iritnya motor ini. Yamaha membuktikan kehandalannya, yang merupakan salah satu keunggulan teknologi Blue Core yang ada pada Mio M3 ini, (Efisien -Bertenaga – Handal),” papar Joni Lie, Manajer Divisi Promotion PT Alfa
Scorpii.

New Mio M3 125 merupakan motor pertama produksi Yamaha Indonesia yang menggunakan teknologi Blue Core sehingga membuatnya Efisien – Bertenaga – Handal dan membuatnya lebih irit 50 % dibandingkan model generasi awal yang bermesin karburator, namun tenaga dan torsinya
lebih besar.

New Mio M3 125 bahkan memiliki speedometer yang dilengkapi dengan Eco Indicator yang berfungsi untuk memberitahu pengendara ketika melaju pada kondisi performa mesin yang paling optimal, sehingga bahan bakar dapat dihemat hingga 60%.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey