Home / Pendidikan / UIN Sumut Tuan Rumah Rakor PTKN BLU, Ini Kata Prof Syahrin Harahap

UIN Sumut Tuan Rumah Rakor PTKN BLU, Ini Kata Prof Syahrin Harahap

Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prof Syahrin Harahap (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 27/3 (LintasMedan)– Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prof Syahrin Harahap siap menyambut kedatangan Menteri Agama dan 23 pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dalam rapat koordinasi PTKN Badan Layanan Umum (BLU) 2021 di JW Marriott Medan mulai 28 Maret – 30 Maret 2021.

“Kami mengucapkan selamat datang di Kota Medan, Sumatera Utara. Semoga rakor ini memberikan manfaat untuk pengembangan dan penguatan PTKN BLU dengan peningkatan akses pendidikan, peningkatan kualitas layanan, peningkatan mutu dosen, dan produktivitas serta inovasi PTKN,” kata Syahrin, Sabtu (27/3).

Dalam rakor ini, yang terpenting juga adalah memastikan pelaksanaan rakor tetap dalam kaidah protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. “Semangat kita dalam rakor ini, BLU turut dalam program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN) di tengah kondisi pandemik,” ujarnya.

Syahrin menyebut, masyarakat menghadapi dampak yang hebat karena pandemi, termasuk di bidang pendidikan. Tapi kata Rektor UIN Sumut, Menteri Agama kemudian secara cepat merespon, dengan membuat rakor pengelolaan keuangan PTKN agar masyarakat tetap merasakan layanan pendidikan yang maksimal.

“Terobosan pengelolaan keuangan BLU diharapkan lahir dalam rakor ini, agar lembaga pendidikan juga dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan di masa pandemi,” tegasnya.

Syahrin juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Kementerian Agama yang memilih UIN Sumatera Utara sebagai tuan rumah Rakor PTKN BLU. “Ini bagian dari niat dan usaha dalam pengelolaan keuangan yang lebih bersih di PTKN BLU,” bebernya.

Syahrin juga menyampaikan, bahwa Rektor PTKN selain akademisi juga aktivis sosial dan ulama di tengah masyarakat. Karena itu, para rektor yang hadir di Sumut diharapkan memberikan dampak spiritual dan keberkahan bagi Sumatera Utara. “Selamat datang di Sumut,” ucapnya.

Momentum ini kata Syahrin harus dijadikan Sumut untuk kembali menjadi sentral pertemuan nasional dan internasional. “Apalagi saat ini ada kawasan Danau Toba yang jadi destinasi superprioritas yang ada di Sumut. UIN Sumut siap menjadi pelopornya,” tukasnya.

Dalam rakor ini nantinya akan dihadiri sekitar 100 orang dengan setiap kampus diwakili langsung oleh Rektor, Kepala Biro Keuangan dan satuan pegawas internal. Adapun peserta yang hadir yakni dari:

  1. UIN Ar Raniry Aceh
  2. UIN Sumatera Utara
  3. UIN Imam Bonjol, Sumatera Barat
  4. UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  5. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  6. UIN Raden Fatah Palembang
  7. UIN Raden Intan Lampung
  8. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  9. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  10. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  11. UIN Walisongo Semarang
  12. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  13. UIN Sunan Ampel Surabaya
  14. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  15. UIN Alauddin Makassar
  16. UIN Mataram
  17. UIN Antasari Banjarmasin
  18. IAIN Surakarta
  19. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  20. IAIN Bukittinggi, Sumatera Barat
  21. IAIN Padangsidempuan, Sumatera Utara
  22. IAIN Jember
  23. IAIN Tulungagung
  24. IAIN Batusangkar.(LMC/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey