Home / Bisnis / Kinerja Bank Sumut Tetap Tumbuh Positif Meski di Tengah Pandemi COVID-19

Kinerja Bank Sumut Tetap Tumbuh Positif Meski di Tengah Pandemi COVID-19

Ilustrasi: Gedung kantor pusat PT Bank Sumut di Medan. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 3/4 (LintasMedan) – PT Bank Sumut masih mencatatkan kinerja positif di tengah perlambatan ekonomi global yang dipicu oleh pandemi COVID-19, hal tersebut dibuktikan dengan raihan laba bersih tahun 2020 sebesar Rp515 miliar.

Kinerja bank milik Pemprov Sumut itu dipaparkan oleh Kepala Pemasaran PT Bank Sumut Ramadhan Muda Siregar melalui makalah berjudul Peran Bank Sumut dalam Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi COVID-19, pada acara pembukaan ujian calon peserta muda dan biasa Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara di aula Parada Harahap, Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan, Sabtu (3/4).

Namun, ia menambahkan, perolehan laba Bank Sumut tahun 2020 mengalami penurunan sekitar 5,5 persen dibanding tahun 2019 yang mencapai Rp545 triliun lebih.

“Laba Bank Sumut yang mengalami kontraksi sebesar 5,5 persen tersebut masih tergolong relatif lebih baik atau masih di atas rata-rata kinerja laba perbankan secara nasional,” paparnya.

Dari sisi pertumbuhan aset, lanjutnya, Bank Sumut tahun 2020 justru mengalami penambahan nilai aset yang tercatat sebesar Rp33,5 triliun atau tumbuh sebesar 5,65 persen year on year (y-o-y).

Selain itu, Bank Sumut dari sisi penyaluran kredit tahun 2020 mengalami penurunan 0,38 persen atau menjadi Rp23,6 triliun disebabkan manajemen bank tersebut sangat selektif dalam hal pemberian kredit.

“Kami melakukan identifikasi dan komunikasi dengan para debitur yang terdampak COVID-19, sehingga jumlah kredit bermasalah atau NPL bisa ditekan,” ujarnya.

Menjelang kuartal III tahun 2020, kata dia, Bank Sumut akhirnya mengalami pertumbuhan positif karena jumlah kredit yang direstrukturisasi sudah mencapai Rp1,8 triliun.

Dikatakan Ramadhan, tahun 2020 telah menjadi tahun yang penuh tantangan bagi semua pihak, adanya pandemi COVID-19 ini telah memberikan dampak signifikan terhadap dunia finansial.

Tahun 2021, pihaknya optimitis kinerja Bank Sumut menjadi lebih baik di antaranya dengan menerapkan peningkatan penetrasi kredit yang mengedepankan prinsip kehati-hatian. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey