Home / Medan / Legislator Apresiasi Wali Kota Medan Copot Kadis Kesehatan

Legislator Apresiasi Wali Kota Medan Copot Kadis Kesehatan

Ketua Komisi I DPRD Kota Medan Rudiyanto Simangunsong. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 24/4 (LintasMedan) – Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Rudiyanto Simangunsong mengapresiasi keputusan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menjatuhkan sanksi berupa pencopotan jabatan kepala dinas (Kadis) kesehatan yang selama ini diemban oleh Edwin Effendi, karena dinilai lamban dalam menanggulangi penanganan COVID-19.

“Kita apresiasi saudara wali kota, yang menurut beliau telah menemukan akar masalah tidak selesainya COVID-19 di Kota Medan, yakni ada di kepala dinasal kesehatan-nya,” katanya di Medan, Sabtu (24/4).

Sebelumnya Wali Kota Medan Bobby Nasution telah mencopot Kadis Kesehatan Edwin Effendi. Pencopotan itu sendiri, disebut akibat ketidakmampuan Edwin melakukan percepatan pengendalian virus corona di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

Rudiyanto menyatakan mendukung langkah Bobby dengan harapan Kota Medan benar-benar kembali ke zona hijau di tengah pandemi COVID-19.

“Karena itu, kita tunggu apa memang ‘teori’ wali kota itu benar adanya. Jangan akhirnya, seperti pepatah, ‘awak yang tak pandai menari, lantai yang disalahkan’,” ujar legislator yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Medan itu.

Program prioritas
Sebelumnya, Bobby Nasution mengemukakan bahwa sejak awal dirinya dilantik sebagai wali kota Medan dua bulan lalu, menegaskan bahwa masalah kesehatan menjadi salah satu dari lima program prioritas Pemkot Medan yang harus ditangani.

Terkait upaya penanganan pandemi COVID-19 tersebut, Wali Kota sudah berulang kali meminta dinas kesehatan setempat agar melakukan pendataan dan penanganan, tetapi kinerja institusi itu tidak kunjung memuaskan.

Untuk menjalankan fungsi pimpinan di Dinas Kesehatan, saat ini dipegang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas yang dijabat oleh Syamsul Nasution yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur RSUD Pirngadi Medan.

“Jadi ini untuk percepatan kita saja, agar persoalan kesehatan, terutama COVID-19 lekas diatasi,” ujar Wali Kota Bobby. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey