Home / Headline / Legislator Ingatkan Jumlah Kasus COVID-19 di Medan Mengkhawatirkan

Legislator Ingatkan Jumlah Kasus COVID-19 di Medan Mengkhawatirkan

Ilustrasi – Tim medis menangani pasien positif COVID-19. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 20/4 (LintasMedan) – Kalangan legislator di DPRD Kota Medan menghawatirkan masih tingginya jumlah warga yang terpapar COVID-19 di Medan yang kini sudah menembus angka 15 ribu kasus.

“Sejak kejadian pertama pada Maret 2020, posisi terinfeksi COVID-19 saat ini di Medan sudah menembus 15.000 kasus, dan itu sudah sangat berbahaya. Jika kita tidak ambil keputusan tegas, maka kasus ini tidak bisa berkurang,” kata Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan Afifi Abdillah di Medan, Selasa (20/4).

Status Kota Medan sebelumnya dinyatakan zona oranye, namun kini kembali masuk zona merah atau daerah dengan kasus penularan COVID-19 sangat tinggi sejak Jumat (16/4).

Pihaknya juga mendapat informasi bahwa kamar rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 di ibu kota Provinsi Sumatera Utara hampir penuh, dan ini menunjukkan masalah virus korona sudah darurat.

“Oleh karena itu, saya menekankan kepada Pemerintah Kota Medan, terutama Dinas Kesehatan agar mewajibkan setiap rumah sakit menerima pasien COVID-19,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya meminta Satgas Penanganan COVID-19 Kota Medan agar lebih menggencarkan 3T, yaitu pemeriksaan dini, pelacakan, dan perawatan dalam menurunkan jumlah kasus aktif.

“Kepada warga kita imbau untuk mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” ujar Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan ini. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey