Home / Headline / Marciano Norman Lantik Pengurus KONI Sumut 2021-2025

Marciano Norman Lantik Pengurus KONI Sumut 2021-2025

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman (kanan) menyerahkan bendera kepada Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis (kiri) pada acara pelantikan pengurus KONI Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2021-2025 di Ballroom Hotel Santika Dyandra Medan, Senin (5/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 5/4 (LintasMedan) – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman melantik pengurus KONI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masa bakti 2021-2025 di Ballroom Hotel Santika Dyandra Medan, Senin (5/4).

Hadir dalam pelantikan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, serta jajaran pejabar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumut dan pimpinan pengurus induk organisasi olahraga di daerah itu.

“Saya melihat dukungan Gubernur, Wakil Gubernur dan DPRD Sumut kepada KONI Sumut begitu besar. Jadi tidak ada alasan Pak John (Ketua KONI Sumut) untuk tidak memenuhi harapan Gubernur dan rakyat,” kata Marciano Norman dalam sambutannya.

Ia juga menekankan kepada pengurus KONI Sumut di bawah kepemimpinan John Ismadi Lubis agar dapat mengembangkan para atlet semua cabang olahraga bekerja sama dengan masing-masing pengurus provinsi (Pengprov) dan KONI kabupaten/kota.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap pengurus KONI Sumut yang baru agar memiliki kesiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 yang akan berlangsung di Papua serta PON XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut.

“Memang berat, tetapi harus kita hadapi. Kita bersyukur karena dalam kondisi COVID-19 kita masih bisa menyiapkan diri untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Sumut,” kata Edy.

Sumut sejak tahun 2018, kata dia, sudah melakukan program pembinaan jangka panjang kepada atlet muda usia 18 hingga 21 tahun untuk mengikuti PON XX.

Selain itu, para atlet dari berbagai cabang olahraga tersebut juga dipersiapkan anak-anak muda dalam menghadapi PON XXI pada tahun 2024.

“Mari kita sama-sama berjuang untuk meningkatkan prestasi olahraga Sumut. Di PON XX, Sumut kalau bisa kita masuk tiga besar,” tambahnya.

Karena itu, Gubernur meminta semua pihak terkait, khususnya KONI selalu berkoordinasi dan mengevaluasi progam kegiatan khususnya dalam menyiapkan atlet yang mewakili Sumut di PON XX.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, dua PON yang akan dilewati menjadi tugas berat bagi kepengurusannya.

“Ini adalah pekerjaan KONI yang berat karena memasuki dua kali pelaksanaan PON 2021 di Papua dan menjadi tuan rumah PON 2024,” ujarnya.

John menambahkan, KONI Sumut mulai 1 Juli 2021 akan menjalankan pelatda penuh bagi 400 atlet.

“Program pembinaan atlet untuk PON 2024 baru kami mulai 1 Juni 2021. Kepada pengprov mari kita siapkan PON 2024 melalui kerja keras, cerdas dan bermartabat,” kata John Ismadi Lubis yang juga Ketua KONI Sumut periode sebelumnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey