Home / Politik / PSI Ingatkan Diskominfo Sumut Manfaatkan APBD untuk Kepentingan Rakyat

PSI Ingatkan Diskominfo Sumut Manfaatkan APBD untuk Kepentingan Rakyat

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumut Nezar Djoeli. (Foto: LintasMedan/Irma)

Medan, 26/4 (LintasMedan) – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sumatera Utara (Sumut) mengingatkan Dinas Komunikasi dan Infomatika (Diskominfo) Provinsi Sumut agar memafaatkan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk kepentingan rakyat.

“Seluruh rupiah yang ada di APBD Sumut harus betul-betul dibelanjakan untuk kepentingan rakyat,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Sumut Nezar Djoeli di sela acara buka puasa Sumut, di Medan, akhir pekan lalu.

Menurut dia, masyarakat harus mengetahui tentang apa yang dilakukan oleh Diskominfo Sumut termasuk organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Sebab, lanjutnya, Diskominfo Sumut dalam melaksanakan setiap kegiatan menggunakan anggaran APBD yang berasal dari masyatakat.

Selain itu, ia juga meminta pemanfaatan APBD di Diskominfo Sumut dilakukan secara cermat, efektif, dan tepat sasaran.

Dikatakannya, dalam menghadapi banyak ketidakpastian sekarang ini, fleksibilitas dalam penggunaan anggaran menjadi hal yang sangat penting.

“Tidak kalah pentingnya bahwa kehati-hatian, transparansi, dan akuntabilitas itu menjadi bagian integral dari pelaksanaan APBD,” katanya didampingi Sekretaris DPW PSI Sumut Delia Ulfa dan Ketua Bapillu Muhri Fauzi Hafiz.

Karena itu, Nezar yang belum lama ini dipercaya DPP PSI memimpin PSI Sumut meminta Diskominfo dan OPD lain di jajaran Pemprov Sumut agar memanfaatkan APBD dengan senantiasa mengedepankan prinsip efisiensi, transparan dan berorientasi kepada upaya pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan rakyat.

Mantan anggota Fraksi Partai NasDem DPRD Sumut ini juga menekankan bahwa APBD Sumut wajib mengedepankan asas manfaat dan skala prioritas anggaran yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Sumut saat ini, seperti perbaikan infrastruktur jalan, penyediaan air bersih, pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Dengan menerapkan mekanisme dan pola tersebut, kata Nezar, diharapkan akan tercipta sebuah formulasi APBD yang baik serta adil ke semua daerah tanpa membedakan satu sama lain yang menyebabkan disparitas.

“Pelaksanaan pembangunan yang menggunakan dana APBD harus lebih proporsional dan merata di seluruh kabupaten/kota, sehingga tidak menimbulkan terjadinya kesenjangan,” ujarnya.

Dalam acara buka puasa dan silaturahmi dengan segenap fungsionaris dan kader PSI Sumut, Nezar mengajak seluruh jajaran partai politik tersebut agar secara bersama melakukan
penguatan basis-basis partai dan mengambil simpati serta kepercayaan masyarakat.

“Saya harap kader mau membantu bekerja maksimal untuk menguatkan dan memenangkan PSI di Sumut, sehingga partai ini menjadi partai yang solid dan memiliki keterwakilan di seluruh DPRD kabupaten/kota dan provinsi di Sumut, serta keterwakilan di DPR RI nantinya,” tuturnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey