Home / Headline / Wagub Sumut: Sekolah Berperan Atasi Peredaran Narkoba

Wagub Sumut: Sekolah Berperan Atasi Peredaran Narkoba

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung sekolah Yayasan Akbar Insan Cendekia (YAIC) di Desa Damuli Pekan, Kecamatan Kualuah, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Kamis (21/4). (Foto: LintasMedan/ist)

Labuhan Batu Utara, 21/4 (LintasMedan) – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengatakan sekolah dan orang tua memegang peranan penting dalam mengatasi dan mengawasi penyalagunaan peredaran gelap narkoba yang menjadikan anak-anak mudah sebagai sasaran utama.

“Pembangunan sekolah bisa membantu pemerintah menyelamatkan generasi muda, serta menekan angka peredaran narkoba,” katanya pada acara peresmian gedung sekolah pondok pesantren Yayasan Akbar Insan Cendekia (YAIC) di Desa Damuli Pekan, Kecamatan Kualuah, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Kamis (21/4).

Menurut Wagub Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck,
peredaran narkoba memang sangat meresahkan masyarakat di sejumlah wilayah karena yang menjadi korban adalah anak muda harapan bangsa ini.

Sumut, misalnya, saat ini berada di peringkat pertama dalam peredaran dan penggunaan narkoba di Indonesia.

“Sumatera Utara saat ini nomor satu peredaran dan penggunaan narkoba. Kita tidak inginkan ini, dan bersama kita harus dicegah,” ujarnya.

Wagub berharap, keberadaan pondok pesantren Yayasan Akbar Insan Cendekia bisa turut berperan menyosialisasikan tentang bahaya narkoba di kalangan pelajar sekolah tersebut.

Pada kesempatan itu, Ijeck menekankan bahwa dalam membangun karakter anak, selain ilmu pendidikan, ilmu agama menjadi salah satu tonggak penting dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

“Pendidikan ilmu untuk kehidupan dunia harus ada, pendidikan ilmu untuk akhirat dan iman juga sama pentingnya. Kita harapkan, dengan seimbangnya ilmu ini, bisalah menjadi benteng bagi anak anak kita,” tuturnya.

Wagub juga berharap, pembangunan sekolah Yayasan Akbar Insan Cendekia bisa turut berkontribusi memajukan pembangunan pendidikan khususnya di Kabupaten Labura.

Sebelumnya, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus dalam kata sambutannya, menyambut baik pembangunan gedung sekolah Yayasan Akbar Insan Cendekia.

“Semoga sekolah ini kelak mampu berkontribusi melahirkan generasi yang cerdas, berilmu dan agamis, sesuai misi Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara,” ujar Hendri.

Pembina YAIC Tohar Bayoangin menjelaskan, sekolah yang akan dibangun terdiri dari pondok pesantren, Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah serta Sekolah Tinggi Agama Islam.

“Pembangunan gedung sekolah ini dilaksanakan secara bertahap. Saat ini, kita bangun lima ruang kelas dari rencana 10 kelas,” paparnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey