Home / Headline / Libur Lebaran 2021, Prokes Objek Wisata di Sumut Diperketat

Libur Lebaran 2021, Prokes Objek Wisata di Sumut Diperketat

Ilustrasi – Petugas gabungan melakukan razia penerapan protokol kesehatan. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 13/5 (LintasMedan) – Petugas gabungan melakukan pengamanan sekaligus memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah objek wisata di Sumatera Utara (Sumut) saat libur Lebaran 1442 Hijriah, 14-23 Mei.

“Kami melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap setiap pengunjung yang mendatangi objek wisata dalam mencegah penyebaran virus corona,” Kapolda Sumut Irjen Pol. Panca Putra di Medan, Kamis (13/5).

Menurut dia, pihaknya melakukan pengamanan dan pengawasan penerapan prokes di lokaso obyek wisata bersama aparat TNI, satuan penanganan COVID-19, badan penanggulangan bencana daerah, dinas kesehatan, dan Satpol PP.

Tugas utama pengawasan tersebut adalah memastikan penerapan protokol kesehatan di area wisata sesuai dengan norma adaptasi kebiasaan baru

Dalam pengawasan tersebut, lanjutnya, petugas memastikan penerapan prokes dilaksanakan secara ketat kepada pengunjung, seperti memakai masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Kapolda menambahkan, petugas akan memberikan sanksi tegas terhadap masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan sampai karena ramainya pengunjung yang datang ke objek wisata menimbulkan klaster baru COVID-19,” kata Panca

Pihaknya juga berharap pada momentum Idulfitri 1442 Hijriah masyarakat menghindari kegiatan silaturahmi, seperti mengunjungi rumah sanak saudara.

Hal ini dikhawatirkan akan meningkatkan penyebaran COVID-19 lantaran abai protokol kesehatan.

“Sebaiknya kegiatan silaturahmi secara virtual atau daring saja,” tuturnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey