Home / Sumut / Pemkab Sergai Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Pemkab Sergai Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di sejumlah fasilitas dan area publik untuk mencegah virus COVID-19, di Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (11/5). (Foto: LintasMedan/Humas)

Sei Rampah, 11/5 (LintasMedan) – Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bersama Forkopimda kembali melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan secara massal untuk mencegah penularan virus corona di wilayah tersebut menjelang libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Penyemprotan cairan disinfektan secara massal dilaksanakan oleh para petugas di sejumlah fasilitas publik yang tersebar di seluruh kecamatan pada Selasa (11/5).

Para petugas beberapa saat sebelum melaksanakan kegiatan tersebut diberi arahan di halaman Mapolres Sergai dan selanjutnya mulai melakukan penyemprotan ke area fasilitas publik, antara lain Pasar Sei Rampah, Masjid Jami Sei Rampah dan Masjid Agung Sergai.

Dalam keterangannya di sela kegiatan itu, Bupati Sergai Darma Wijaya menjelaskan, penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah fasilitas publik merupakan antisipasi terhadap penyebaran COVID-19.

“Situasi pandemi tidak menghalangi masyarakat untuk menyambut Idul Fitri dengan suka cita. Namun bagaimanapun untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan masyarakat di tengah situasi seperti saat ini, kita perlu menerapkan protokol kesehatan (prokes) serta serangkaian aksi pencegahan, salah satunya dengan penyemprotan cairan disinfektan,” ujarnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Saya meminta agar para Camat mengkoordinasi pelaksanaan penyemprotan kepada seluruh Kepala Desa/Lurah di area masing-masing. Jika kita bergerak bersama dengan solid, proses pencegahan pandemi ini bisa berjalan lancar dan berhasil,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, Kabupaten Sergai saat ini masuk dalam zona orange di peta sebaran pandemi COVID-19.

Meski demikian, Darma tetap mengingatkan warga di wilayah itu agar senantiasa waspada dengan melakukan langkah antisipasi pencegahan penularan wabah COVID-19, termasuk di tengah momen libur panjang Lebaran.

“Walaupun Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pelarangan mudik, namun kita tidak lantas mengendorkan pengawasan. Malah seharusnya di saat seperti inilah pengetatan semakin diintensifkan,” paparnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey