Home / Bisnis / RUPSLB Bank Sumut Usulkan Dua Calon Dirut dari Internal

RUPSLB Bank Sumut Usulkan Dua Calon Dirut dari Internal

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (tengah) memimpin Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Bank Sumut dengan agenda pengusulan calon direktur utama, gedung Banbk Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (7/5). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 7/5 (LintasMedan) – PT Bank Sumut menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) di Medan, Jumat (7/5), dan memutuskan mengajukan dua calon direktur utama dari internal bank tersebut, menggantikan Muchamad Budi Utomo yang meninggal dunia belum lama ini.

Kedua calon dirut yang diusulkan adalah Rahmat Fadilah Pohan yang saat ini menjabat Direktur Operasional PT Bank Sumut dan Brata Kusuma yang saat ini duduk sebagai Komisaris Independen PT Bank Sumut.

“Sementara saat ini pengganti Dirut baru belum disahkan, RUPS mengusulkan dua nama ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk dinilai atau assessment, kita serahkan semua ke OJK,” kata Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat memimpin RUPS LB Bank Sumut.

Ia memaparkan bahwa pengusulan calon dirut dari internal karena dianggap lebih memahami road map PT Bank Sumut yang saat ini sedang berjalan.

“Kenapa orang dalam, karena ini mendadak, program harus tetap berjalan, makanya ini harus diawaki oleh orang yang mengerti visi dan road map PT Bank Sumut yang sedang berjalan,” ujarnya.

Ia menambahkan, proses pergantian Dirut Bank Sumut selanjutnya akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku dan diajukan untuk dilakukan “fit and proper test” oleh OJK.

RUPSLB turut dihadiri secara langsung dan virtual oleh pemegang saham yakni para bupati/wali kota di Sumut serta seluruh jajaran dewan komisaris dan direksi Bank Sumut.

Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar menjelaskan, meskipun dirut belum terpilih, operasional Bank Sumut hingga saat ini tetap berjalan normal.

Untuk pelaksanaan tugas dirut saat ini dijalankan secara bersama-sama (kolektif) oleh empat direksi Bank Sumut.

Dewan Komisaris PT Bank Sumut, lanjut Syahdan, juga senantiasa membimbing dan memberikan masukan atas kebijakan-kebijakan direksi yang dilaksanakan. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey