Home / Sumut / Dinas Pariwisata Tapsel Ingatkan Wisatawan Taat Protokol Kesehatan

Dinas Pariwisata Tapsel Ingatkan Wisatawan Taat Protokol Kesehatan

Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis mengunjungi tempat wisata Aek Sijorni, Kelurahan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (18/6). (Foto:LintasMedan/ist)

Tapsel, 18/6 (LintasMedan) – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapsel Abdul Saftar Harahap mengatakan banyak langkah yang akan direncanakan dalam mempertahankan kalangsungan hidup pariwisata di masa pandemi covid 19.

Selain tetap membuka dan mengembangkan sejumlah destinasi pariwisata, pihaknya tetap menyiapkan langkah antisipasi agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di wilayah itu, khususnya di kawasan wisata.

“Banyak pertimbangan yang dilakukan dalam pengelolaan obyek wisata saat ini di tengah wabah pandemi yang belum juga berakhir. Di sisi lain iklim pariwisata harus tetap hidup demi tetap berjalannya roda perekonomian dan UMKM,” ucapnya saat menerima kunjungan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis di Pemandian Aek Sijornih, Kelurahan Sayur Matinggi, Jumat (18/6).

Pemandian Aek Sijorni merupakan salah satu objek wisata yang berada di Tapanuli Selatan.

Menurut dia, beberapa tempat wisata masih dibuka karena Tapsel masih berada di zona kuning dan pengunjung yang datang umumnya adalah wisatawan lokal.

Namun, Abdul Saftar mengatakan bahwa mereka tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada para pengunjung dan pengelola wisata. “Walau objek wisata kita ini belum mendapatkan sertifikat CHSE adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan), tapi protokol kesehatan ketat kita terapkan.

Sementara itu dalam kunjungan ke lokasi wisata Aek Sijorni, Nawal Lubis juga memberikan edukasi kepada pengunjung pentingnya menaati protokol kesehatan agar terhindar dari wabah berbahaya tersebut.

“Ibu maskernya agar tetap dipakai dan jangan anggap remeh Covid-19 masih ada di sekitar kita,” ujar Nawal, kepada salah seorang pengunjung.

Nawal mengatakan, dirinya ingin memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan di sejumlah destinasi wisata khususnya yang ada di Provinsi Sumut bisa terlaksana dengan baik. Memastikan masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang telah diatur oleh pengelola kawasan wisata tersebut.

“Dalam upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 pasca-perayaan Idulfitri 1442 Hijriah, Pemerintah Provinsi Sumut akan terus menyiapkan langkah antisipasi agar tidak ada penyebaran virus Corona, khususnya di destinasi wisata,” ungkapnya.(LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey