Home / Headline / Dinkes Sumut Diminta Bekerja Lebih Ekstra Tangani COVID-19

Dinkes Sumut Diminta Bekerja Lebih Ekstra Tangani COVID-19

Tim kunjungan kerja anggota DPRD Sumut Dapil II yang dipimpin Tuahman Purba (ketiga kanan) saat melakukan kunjungan ke kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumut di Jalan Prof H.M Yamin Medan, Rabu (9/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/6 (LintasMedan) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diminta bekerja lebih ekstra dan lebih cepat menangani pandemi COVID-19 di wilayah tersebut.

Permintaan tersebut disampaikan Tim kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Daerah Pemilihan (Dapil) II yang terdiri dari Tuahman Purba, Meryl Rouli Saragih, Kuat Surbakti dan Benny Harianto Sihotang, saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Dinkes Sumut di Medan, Rabu (9/6).

“Dinas Kesehatan berperan sebagai “leading sector” selama pandemi COVID-19, sehingga dibutuhkan kinerja ekstra, kinerja lebih dari biasanya,” kata anggota Tim kunker DPRD Sumut Dapil II Benny Harianto Sihotang.

Dalam pertemuan dengan Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah, Benny mengakui bahwa penanganan pandemi COVID-19 merupakan tugas berat dan membutuhkan kerja sama yang kuat dari semua pihak, termasuk masyarakat.

“(tugas) Ini memang berat, butuh kerja sama yang kuat, niat yang kuat dan dorongan serta dukungan dari masyarakat agar kita bisa melalui ini dengan baik,” ujar anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumut itu.

Dinas Kesehatan (Dinkesanggota tim kunker DPRD Sumut Dapil 2 Benny Harianto Sihotang meminta agar Dinkes Pemprov Sumut bekerja lebih ekstra, karena saat ini sektor kesehatan memiliki peran krusial menghadapi pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kadis Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah mengatakan pihaknya selama ini terus berupaya memperbaiki diri dalam upaya mengoptimalkan kinerja pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita terus memperbaiki diri dengan berupaya meningkatkan standar kesehatan masyarakat Sumut. Mudah-mudahan program kita di tahun 2021 berjalan dengan baik sehingga kita bisa melalui pandemi COVID-19 ini dengan baik,” kata Aris.

Sebelum mengunjungi kantor Dinkes Sumut, Tim DPRD Sumut Dapil II melakukan kunker ke kantor PT Bank Sumut.

Pada saat melakukan pertemuan dengan jajaran pimpinan Bank Sumut, Ketua Tim Kunker DPRD Sumut Dapil II Tuahman Purba, mengatakan bahwa peningkatan jumlah nasabah di badan usaha milik daerah (BUMD) Pemprov Sumut itu akan berdampak positif bagi pendapatan asli daerah (PAD) Pemprov setempat.

Karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh jajaran Bank Sumut agar terus meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan begitu diharapkan jumlah nasabah bank daerah ini akan terus bertambah,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Irwan, menjelaskan bahwa bank tersebut berhasil meningkatkan nilai aset dari Rp31,736 miliar menjadi Rp33,530 miliar.

Peningkatan nilai aset hingga sebesar Rp1,79 miliar tersebut, menurutu dia, telah membawa Bank Sumut ke posisi ketiga terbesar untuk nilai aset perbankan di Sumut.

“Kita akan terus perkuat layanan untuk penguatan likuiditas. Minggu depan kita akan luncurkan debit card kemudian disusul metode pembayaran dan pelayanan digital lainnya. Begitu juga aset, kita akan terus memaksimalkannya,” papar Irwan.

Kunjungan kerja para anggota DPRD Sumut Dapil II turut didampingi Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumut lainnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey