Home / Medan / Disnaker Sumut Fasilitasi Pemulung jadi Peserta BPJS

Disnaker Sumut Fasilitasi Pemulung jadi Peserta BPJS

Ilustrasi – Gedung kantor Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara di Medan. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 4/6 (LintasMedan) – Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) siap memfasilitasi para pemulung dan penyandang disabilitas produktif agar dapat menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Kita berharap para pemulung dan penyandang disabilitas juga diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” kata Kepala Disnaker Sumut Baharuddin Siagian di sela menerima kunjungan pengurus Yayasan Pemulung dan Penyandang Tuna Rungu di kantor Disnaker Sumut, Medan, Jumat (4/6).

Terkait dengan rencana tersebut, pihaknya hingga 10 hari kedepan akan membuka tempat pendaftaran di kantor Disnaker Sumut bagi kalangan pemulung dan penyandang penyandang disabilitas yang ingin mendaftar sebagai calon peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut dia, pemulung dan penyandang disabilitas yang bekerja di sektor non formal berhak diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjan karena mereka menjalankan aktivitas sebagai pekerja mencari nafkah untuk dirinya dan keluarganya.

“Kita harapkan melalui BPJS Ketenagakerjaan ini mereka bisa dilindungi, sebab pekerja non formal juga berhak diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” ujar dia.

Terkait dengan hal tersebut, lanjutnya, pihak Disnaker Sumut berencana menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikutsertakan para pemulung dan penyandang disabilitas di daerah itu agar bisa diikutsertakan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

Ketentuan mengenai pekerja non formal berhak diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan telah diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, para pemulung yang memungut sampah di Tempat Pemungutan Sampah (TPS) juga bisa diikutsertakan program JKK dan JK setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Bagi para pemulung yang melakukan pekerjaan dan produktif serta mampu membayar iuran sebesar Rp17.500 bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ” tambahnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey