Home / Sports / Dispora Sumut Terima 81 Atlet Baru PPLP

Dispora Sumut Terima 81 Atlet Baru PPLP

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut Dahliana (kiri) didampingi Kepala Seksi Olahraga Pendidikan Dispora Sumut John Erick Purba (kanan) memberikan keterangan kepada pers seputar hasil seleksi penerimaan atlet Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut tahun 2021, di Medan, Jumat (18/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 18/6 (LintasMedan) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara (Sumut) selaku pengelola Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP), menerima 81 atlet pelajar baru untuk dibina di pusat pelatihan tersebut.

Kadispora Sumut Ardan Noor M melalui Kabid Pembudayaan Olahraga Dahliana, kepada pers di Medan, Jumat (18/6) menjelaskan, sebanyak 81 atlet pelajar baru ini dinyatakan diterima di PPLP setelah dinyatakan lulus seleksi yang dilaksanakan mulai 31 Maret hingga 4 Juni 2021.

Para atlet muda itu berasal dari berbagai kabupaten dan kota di Sumut, antara lain Kabupaten Karo, Tapanuli Utara, Simalungun, Deli Serdang, Tapanuli Selatan, Dairi, Labuhan Batu, Asahan, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Selatan, Humbang Hasundutan dan Langkat.

Selain itu, Kota Medan, Tebing Tinggi, Padang Sidempuan, Pematang Siantar, Binjai, dan Tanjung.

Sebanyak 81 atlet baru yang terbagi pada 11 cabang olah raga tersebut selanjutnya akan dibina di PPLP Sumut.

11 cabang olah raga itu, yakni atletik, angkat besi, karate, tinju, wushu sanda, panahan, gulat, judo, taekwondo, pencak silat dan sepakbola.

Dahliana didampingi Kepala Seksi Olahraga Pendidikan Dispora Sumut, John Erick Purba, menambahkan, penerimaan atlet baru PPLP Sumut dilaksanakan karena sejumlah atlet muda lainnya telah menamatkan studi mereka di tingkat sekolah menengah atas dan sederajat.

“Kami menggelar seleksi yang diikuti sekira 400 atlet pelajar utusan dari seluruh kabupaten dankota di Sumut. Dari hasil seleksi yang dilakukan, terjaring 81 atlet baru, sehingga total atlet yang bergabung di PPLP Sumut saat ini 155 orang dari sebelas cabang olahraga ,” ujar Dahliana.

Daftar nama atlet yang lulus seleksi akan dikirimkan ke Dispora Sumut atau dinas terkait ke masing-masing kabupaten dan kota.

Selanjutnya, para atlet terpilih diharapkan sudah bergabung dan menjalani latihan di PPLP Sumut mulai Juli 2021.

“Para atlet terpilih diterima di PPLP Sumut setelah dinyatakan lolos dari tes fisik, kesehatan, psikologi dan kecabangan,” ujar John Erick.

Dikatakannya, perekrutan atlet baru PPLP Sumut tahun ajaran 2021 ini bernilai strategis, karena mereka tidak hanya dipersiapkan menghadapi kejuaraan olahraga tingkat pelajar nasional, tetapi juga dipersiapkan menjadi atlet yang akan memperkuat Sumut di PON XXI Tahun 2024 dengan tuan rumah Provinsi Aceh dan Sumut. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey