Home / Headline / DPRD Sumut Dukung Optimalisasi Pelayanan Air Bersih PDAM Tirtanadi

DPRD Sumut Dukung Optimalisasi Pelayanan Air Bersih PDAM Tirtanadi

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi (ketiga kanan) memberikan keterangan pers usai mendampingi anggota DPRD Sumut Daerah Pemilihan II yang melakukan kunjungan kerja ke Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (8/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 8/6 (LintasMedan) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) asal Daerah Pemilihan (Dapil) II mendukung percepatan program optimalisasi pelayanan air bersih yang sedang dilaksanakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan sanitasi masyarakat di Kota Medan dan sekitarnya.

“Kita akan terus kawal dan dorong PDAM Tirtanadi agar masyarakat Sumut, khususnya di daerah Dapil II kebutuhan airnya terpenuhi,” kata Ketua Tim Kunker Dapil II Tuahman Purba usai meninjau Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) PDAM Tirtanadi di Sunggal, Deli Serdang, Selasa (8/6).

Tuahman didampingi anggota DPRD Sumut lainnya, yaitu Kuat Surbakti dan Benny Harianto Sihotang, menilai PDAM Tirtanadi yang mendapat predikat kinerja baik tahun 2020, memiliki program visible untuk meningkatkan cakupan pelayanan air bersih aman kepada warga.

Sementara, anggota Tim Kunker Dapil II DPRD Sumut Kuat Surbakti, mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat banyak yang mengeluhkan layanan air bersih dari PDAM Tirtanadi.

Karena itu, dia berharap agar pelayanan ke masyarakat lebih diutamakan dan penyelesaian masalah air dilakukan lebih cepat.

“Saat melaksanakan tugas reses di Dapil II, banyak warga mengeluhkan distribusi air bersih PDAM Tirtanadi yang mengalir ke rumah mereka debitnya kecil atau tidak lancar,” ujar politisi PAN itu.

Ia juga mengingatkan PDAM Tirtnadi lebih mengedepankan kualitas pelayanan kepada masyarakat ketimbang bisnis.

Sebelumnya, Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi, menjelaskan bahwa pihaknya tahun 2020 telah melakukan peningkatan kapasitas produksi air dari 500 liter/detik (l/d) menjadi 900 l/d bersama mitranya perusahaan Tirta Lyonnaise Medan.

Peningkatan kapasitas produksi air bersih tersebut, menurut dia, berdampak signifikan kepada kawasan timur Medan seperti Kecamatan Medan Denai, Medan Amplas, sebagian wilayah Medan Labuhan dan Jalan Cemara.

Pada Maret 2021, PDAM Tirtanadi bersama mitranya juga mengoperasikan IPA Denai dengan kapasitas 240 l/d.

“IPA Denai mampu menyuplai air bersih ke Kecamatan Mandala, Tembung dan daerah sekitarnya. Sementara itu, untuk IPA Sunggal sendiri PDAM Tirtanadi sedang proses administrasi untuk peningkatan kapasitas 2.300 l/d menjadi 2.700 l/d. Proyek ini ditargetkan rampung tahun 2022,” kata Kabir.

Ia menambahkan, kebutuhan air bersih di Sumut saat ini mencapai 11.000 liter perdetik.

Sedangkan kapasitas suplai PDAM Tirtanadi saat ini baru mencapai 7.200 liter per detik.

Dikatakan Kabir, PDAM Tirtanadi bersama Kementerian PUPR sedang membangun Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Kota Binjai dengan kapasitas 1.100 liter per detik dan diperkirakan bisa meningkat hingga menjadi 2.200 liter per detik.

PDAM Tirtanadi juga bermitra dengan perusahaan swasta untuk penyediaan air bersih dengan kapasitas 500 liter per detik dan 400 untuk menambah pasokan di kawasan Brayan dan 400 liter per detik di sebagian Kecamatan Medan Johor.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang menyelesaikan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang.

Pembangunan bendungan berkapasitas tampung 28 juta m3 ini merupakan bagian dari upaya mendukung pengembangan sektor pertanian dan pemenuhan kebutuhan air baku di Sumut.

“Bila pengerjaan proyek Bendungan Lau Simeme berjalan dengan baik, kebutuhan air bersih sebesar 11.000 liter per detik akan terpenuhi di akhir tahun 2023 atau awal 2024,” tuturnya.

Selain melakukan kunjungan kerja ke IPA PDAM Tirtanadi Sunggal, Tim Kunker DPRD Sumut Dapil II juga meninjau pembangunan kantor Satpol PP Sumut di Jalan Kapten Muslim Medan dan pembangunan drainase sepanjang 1,7 Km di kawasan Sunggal.

Selama melakukan kunjungan kerja tersebut, para anggota DPRD Sumut dari Dapil II tersebut turut didampingi beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumut, antara lain Kadis Kominfo Irman Oemar, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Ria Novida Telaumbanua dan Kadis Perkebunan Lies Handayani Siregar.

Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar berharap program-program pembangunan yang dilaksanakan Pemprov setempat bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kita terus berupaya untuk menyejahterakan masyarakat Sumut, karena itu terus kawal dan dukung kami untuk bisa berbuat lebih baik lagi,” ujar dia. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey