Home / Headline / Medan Kembali Masuk Zona Merah COVID-19

Medan Kembali Masuk Zona Merah COVID-19

Ilustrasi – Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kantor Gubernur Sumatera Utara untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19, di Medan, beberapa waktu lalu. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 8/6 (LintasMedan) – Kota Medan kembali masuk zona merah atau risiko tinggi penyebaran COVID-19 seiring meningkatnya kasus terkonfirmasi positif dan pasien yang meninggal dunia akibat terpapar virus corona di ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu.

Status zona merah penyebaran COVID-19 di Kota Medan tersebut kembali ditetapkan pada 8 Juni 2021, sebagaimana dilansir dari situs resmi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di laman covid19.go.id, Selasa (8/6).

Disebutkan, jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Medan mencapai 16.723 orang.Dari jumlah tersebut, 526 orang meninggal dunia dan 15.275 orang dinyatakan sembuh.

Sementara itu, untuk Kabupaten Dairi yang sebelumnya masuk kategori zona merah, kini turun menjadi zona oranye.

Sedangkan daerah lainnya yang masuk kategori zona oranye, yakni Kota Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Binjai, Padangsidimpuan, Sibolga, Gunung Sitoli serta Kabupaten Pakpak Bharat, Samosir, Deli Serdang, Toba, Serdang Bedagai, Batu Bara, Tapanuli Selatan, Karo, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Tapanuli Utara, dan Langkat.

Untuk daerah yang masuk kategori zona kuning atau risiko rendah COVID-19 di Sumut, yakni Kabupaten Tapanuli Tengah, Nias, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas, Labuhanbatu, Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, Asahan dan Kota Pematang Siantar.

Sementara itu zona hijau masih bertahan di tiga daerah di Kepulauan Nias, yakni Kabupaten Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumut Aris Yudhariansyah pada 22 Maret 2021 lalu menegaskan bahwa di wilayah itu tidak ada lagi zona merah COVID-19.

“Setelah sempat ada daerah di Sumut yang zona merah COVID-19 seperti Kota Medan, saat ini sudah tidak ada lagi. meski belum semua hijau,” ujarnya.

Pemprov Sumut, kata Aris, masih terus mengawasi ketat penerapan protokol kesehatan dan mendorong percepatan vaksinasi. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey