Home / Bisnis / PLN Investasi Rp1,6 Miliar untuk Listriki Dua Dusun di Deli Serdang

PLN Investasi Rp1,6 Miliar untuk Listriki Dua Dusun di Deli Serdang

Ilustrasi – Pekerja memasang instalasi listrik. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 4/6 (LintasMedan) – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menginvestasikan dana sebesar Rp1,6 miliar untuk mengoperasikan jaringan listrik di Dusun Negeri Gugung dan Dusun Negeri Suah, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara (UIW) Sumut, Pandapotan Manurung dalam keterangan resmi, Kamis (4/6), menjelaskan, guna melistriki 80 pelanggan di kedua dusun tersebut, PLN menginvestasikan Rp1,6 miliar atau Rp20 juta per pelanggan yang dilistriki.

“Semoga dengan beroperasinya jaringan listrik dapat meningkatkan aktivitas perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di dua dusun tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya kedua dusun yang berada di kaki Pegunungan Bukit Barisan itu dusun yang belum berlistrik.

Disebutkan, akses menuju lokasi menjadi tantangan dalam upaya mengoperasikan jaringan listrik di kedua dusun itu.

Menurut Pandapotan, pembangunan jaringan listrik di dua dusun di Kecamatan Sibolangit tersebut merupakan bagian dari langkah PLN dalam mewujudkan keadilan energi di Indonesia, termasuk di Sumut.

PLN sebagai badan usaha pengelola kelistrikan nasional akan terus menjalankan amanah negara untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh penjuru Indonesia.

“Salah satunya penyambungan listrik di daerah yang sulit terakses melalui program listrik pedesaan,” katanya.

Pada periode Januari hingga Mei 2021, PLN telah berhasil melistriki 13 desa di Sumut.

“Sejak awal tahun hingga Mei 2021 PLN UIW Sumut telah berhasil melistriki 13 desa dan secara total hingga Mei 2021, sebanyak 6.029 di Sumuta telah menikmati listrik PLN,” kata Pandapotan. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey