Home / Headline / Satgas COVID-19 Kota Medan Bubarkan Kerumunan di Gerai McD

Satgas COVID-19 Kota Medan Bubarkan Kerumunan di Gerai McD

Kerumunan pengemudi ojek online (ojol) saat mengantre untuk mendapat menu spesial BTS Meal McDonalds, di Medan, Rabu (9/6).(Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 9/6 (LintasMedan) – Sejumlah personil yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kota Medan, Rabu (9/6) membubarkan kerumunan pengemudi ojek online (ojol) yang melakukan pemesanan BTS Meal di gerai-gerai McDonald’s di ibu kota Provinsi Sumut itu.

Pantauan lintasmedan.com, sejumlah personil TNI, Polri dan Satpol PP yang tergabung dalam Satgas COVID-19 Kota Medan sejak pukul 10.30 WIB mulai berada di sekitar lokasi gerai-gerai McDonald’s (McD), di antaranya di Jalan Sisingamangaraja dan kawasan Merdeka Walk Medan.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, para petugas Satgas COVID-19 akhirnya membubarkan kerumunan pengemudi ojol.

Meski manajemen Gojek telah menutup sementara akses gofood di seluruh outlet McDonald’s di Medan sejak pukul 12.00 WIB, namun sempat beberapa saat terjadi keributan saat pengemudi ojol ini hendak dibubarkan, karena mereka merasa dirugikan karena pesanan yang sudah masuk di aplikasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan pihaknya telah mengimbau agar pelaku usaha kuliner siap saja itu kooperatif dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) di tempat usaha.

“Itukan sebentar saja kerumunannya dan masing-masing pelaku usaha itu ada petugas Satgas COVID-19 nya. Protokol kesehatan itu bukan hal yang baru dan pasti mereka sudah mengerti,” ujarnya.

Mardohar membenarkan, pihak kepolisian dan tim gabungan Satgas COVID-19 juga sudah melakukan tindakan agar kerumunan yang terjadi di beberapa gerai McD dapat diurai.

Ia menegaskan pihaknya akan menindak pelaku usaha yang terbukti melanggar prokes COVID-19.

Sebelumnya diberitakan launchingnya menu spesial BTS Meals kolaborasi dari boyband Korea BTS X McDonald’s ternyata menimbulkan pembludakan antrean di gerai-gerai McD di Medan.

Pascapembubaran kerumunan pengemudi ojol, sejumlah personel dari kepolisian dan Satpol PP masih berjaga di sekitar lokasi usaha kuliner tersebut.

Terkait kerumunan di sejumlah gerai McDonald’s Kota Medan tersebut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan terciptanya kerumunan di masa pandemi COVID-19 sangat tidak elok.

“Kalau kerumunan sudah pasti salah. Tentu diingatkan, ayo mari saling jaga masing-masing,” katanya kepada pers di rumah dinas gubernur Jalan Sudirman Medan.

Apalagi, lanjut Edy, Kota Medan masuk wilayah yang jumlah kasus positifnya cukup banyak sehingga ditetapkan berstatus zona merah.

Gubernur mengingatkan kepada seluruh masyarakat agat selalu disiplin mematuhi prokes di tengah pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey